Rabu, 26 Desember 2018

Modul Dasar-Dasar Komputer

Bab I

Pengenalan Komputer

1.    Cara menyalakan dan mematikan

·         Langkah-Langkah Menghidupkan dan Mematikan Komputer Dengan Benar.
·         Pastikan kabel-kabel sudah terpasang dengan benar. 
·         Hidupkan stabilizer voltage jika ada.
·         Hidupkan monitor dengan menekan tompol power pada monitor . 
·         Hidupkan CPU dengan menekan tombol power pada CPU . 
·         Tunggu Hingga proses Booting Selesai sampai muncul layar desktop. 
·         Computer sudah siap di pakai.

2.    Cara Mematikan Komputer Windows Xp, vista, Windows 7.

  • Klik Menu “Start” yang berada di pojok kiri bawah
  •  Pilih “Shutdown”
  • Klik “OK”
  • Tunggu Hingga Komputer sudah mati
  • Kemudian Matikan stabilizer dan cabut kabel listriknya.



3.        Nama dan fungsi dari tiap icon dan toolbar

Pengertian Desktop adalah sebuah tampilan awal yang akan tampil ketika kita pertama kali menghidupkan komputer atau laptop. Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini. Kalo yang ini buat yang baru belajar Komputer guys. Untuk pemula yang lagi belajar komputer, hal ini perlu dipahami dulu ya, agar penyamaan bahasanya mudah. Belum lagi belajar tentang instalasi, pasti sedikit membingungkan, dimana temen-temen harus paham istilah dari booting, partisi, bios, dll. Untuk lebih mengenal Desktop pelajari

Nah, waktu pertama kali kita ngidupin yang namanya Komputer. Setelah hidup, pasti kita dihadapkan pada tampilan seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhn8CwtSAZKcC8u9L1g3vwfY2bPbDDWG8wpY3R1IZv3DIs43wCtzNI7SHwoJcqSaKRinNQoXgd7fQIROxyndnKqczb2oVkHWlQhqfrN_OiJlE5Z6f50LcZNS73-C3PNAIW5UN5nfKdZTeSJ/s400/tampilan+desktop+windows+10+full+aplikasi.jpg

Gambar 1 : Tampilan Desktop Awal

Secara umum, bagian-bagian desktop saja jelaskan dibawah ini.

Desktop :

  1. Taskbar
  2. Tombol Start
    - Quick Launch
    - System Tray
    - Icon / Shortcut
  3. Background / Wallpaper

Nah, setelah kita tahu banyak tentang Desktop, yang perlu kita pelajari berikutnya adalah fungsi klik, perhatikan dibawah ini.

Click Function :

  1. Klik Kiri – Selection
  2. Klik Kanan – Show Menu
  3. Double Klik – Run Program
  4. Drag n Drop – Move Object

Setelah mereka tahu banyak tentang apa itu Desktop dan tahu bagaimana cara memegang Mouse serta Klik dan Fungsinya, baru dah, lanjut ke Windows Explorer. Profil tempat saya bekerja di www.pikmicleds.com dan teman-teman saya di www.jembersantri.blogspot.com

Istilah-istilah dalam Komputer :

  • Wallpaper adalah file gambar yang biasanya digunakan untuk latar belakang sebuah tampilan LCD layar komputer atau background biasanya tampil pertama kali.
  • Quick Launch adalah menu atau fasilitas yang disediakan oleh windows untuk memudahkan kita dalam menjalankan sebuah aplikasi, biasanya jalankan aplikasi di Quick Launch cukup dengan 1x klik, sedangkan shortcut di desktop harus 2x klik baru bisa jalan. Quick Launch terletak di pojok kiri bawah dekat tombol start.
  • Shortcut atau Icon adalah sebuah gambar kotak-kotak kecil yang ada di desktop yang pertama kali muncul yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang ada di komputer. Cobalah untuk klik kanan di desktop kemudian pilih sort by - hilangkan cawang shot icon desktop.
  • Taksbar adalah baris perintah atau batang perintah yang ada di bawah sendiri dari pojok kiri bawah sampai pojok kanan bawah. Pada taskbar sendiri ada 3 menu yaitu start button, quick launch dan system tray.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Modul Google Drive & Formulir

BAB VI Google Form Cara membuka google form dan membuat halaman baru 1. Silahkan login dahulu ke Google drive menggunakan akun Go...